MAKALAH
(Alat Peraga Matematika
Menentukan Nilai Sudut Fungsi Trigonometri)
Oleh
1.
LEA SUSANTY 2013230977
2.
PETRUS SUPRINTO
SARENG 2013230904
3.
EUFRASIA LITI 2013231727
4.
NURSIDA NURDIN 2013231819
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS FLORES
ENDE
2014
KATA PENGANTAR
Matematika adalah
pelajaran yang sukar dipahami. Hal ini merupakan suatu hal yang harus
diberantas dari pemikiran siswa atau peserta didik, maka dari itu penting
sekali peran guru dalam mengajar dan kreatifitas guru dapat membuat siswa cinta
akan matematika dan tidak merasa bahwa matematika itu abstrak, sebenarnya
matematika selalu kita terapkan dalam kehidupan kita.
Kami dengan senang hati
mengerjakan tugas ini, karena ini juga merupakan suatu langkah yang baik untuk
membangun calon guru agar mampu menerapkan atau mengaplikasikanya ketika kita
menjadi seorang guru.
Materi yang kami
diskusikan adalah tentang Trigonometri. Banyak siswa tidak mengetahui dan tidak
berminat dengan pelajaran matematika terkhususnya trigonomteri dalam menentukan
nilai sudut. Banyak yang hanya mengahafal nilai sudut trigonometri tanpa
mengerti bagaimana caranya untuk mengetahui dari mana hasilnya. Maka dengan
senang hati kami membuat alat peraga untuk memudahkan siswa dalam menentukan
nilai trigonometri.
Kami ucapkan terima
kasih yang paling utama adalah Tuhan yang maha kuasa, maha baik, karena atas
berkat, karunianya dan perlindungannya, kami dapat menyelesaikan makalah
tersebut dengan baik dan tepat waktu. Ucapan terima kasih juga kepada
sumber-sumber buku yang menjadikan kami lebih mendalami materi ini dan
mengaplikasikanya dalam bentuk alat peraga yang kami beri nama dengan Papan NISTRIGO.
Makalah ini jauh dari
sempurna, maka kami membutuhkan masukan dan juga kritikan agar makalah ini
lebih baik dan jauh lebih sempurna.Dengan melihat segalanya, maka kami
memberikan judul makalah tersebut adalah LAB BENGKEL
(Alat Peraga Matematika Menentukan Nilai Sudut Fungsi Trigonometri).
Ende, Oktober 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
COVER
.............................................................................................................................. i
KATA
PENGANTAR ..................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ..................................................................................................................... iii
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .............................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah ......................................................................................................... 1
1.3 Tujuan ............................................................................................................................ 1
BAB
2 ALAT PERAGA
2.1 Alat Dan Bahan ............................................................................................................. 2
2.2 Cara Pembuatan ............................................................................................................ 2
BAB
3 PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Alat Peraga Matematika .............................................................................. 3
3.2 Penerapan Alat Peraga Terkait Dengan
Materi ............................................................. 3
3.2 Contoh Soal ................................................................................................................... 3
BAB
4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan .................................................................................................................... 4
4.2 Saran .............................................................................................................................. 4
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
berdampak pada semua lini kehidupan. Dunia pendidikan merupakan tolak ukur dari
kemajuan dan peningkatan sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan terus
ditingkatkan dengan kreatifitas agar menghasilkan individu yang mampu bernalar
dan berintelektual.
Matematika merupakan salah satu komponen dari
serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Matematika
mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, namun sampai saat ini
masih banyak siswa atau peserta didik yang merasa matematika sebagai pelajaran
yang sulit, tidak menyenangkan, bahkan momok yang menakutkan. Hal ini
dikarenakan pemikiran bahwa matematika itu tidak nyata atau abstrak.
Dalam makalah tersebut alat peraga yang digunakan
adalah papan NISTRIGO. Hal ini melihat masih banyak siswa yang belum mengerti
dengan trigonometri tentang menentukan sudut istimewa.
Oleh karena itu, dengan bergelut dan ingin menjadi
seorang guru yang sukses dalam mengajar dan mendidik, maka tugas yang diberikan
kepada kami dalam mata kuliah Lab Bengkel, sangat penting dalam perkembangan
kreatifitas kami sebagai calon guru, sehingga menghasilkan suatu yang berguna
bagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan sumber daya manusia kedepannya. Oleh
karena itu, kami mengambil judul dalam makalah tersebut yaitu Alat Peraga Matematika Dalam Menentukan Nilai Sudut Trigonometri.
1.2
Rumusan Masalah
a.
Apa
itu alat peraga matematika?
b.
Apa
peran alat peraga matematika dalam penyampaian materi?
1.3 Tujuan
a.
Menjadikan
calon guru agar lebih siap dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan alat
peraga.
b.
Mengubah
pemikiran yang lama, bahwa matematika adalah ilmu yang abstrak.
c.
Membuat
siswa dapat mengerti dan lebih mendalami materi.
d.
Mewujudkan
situasi yang belajar mengajar yang efektif
BAB 2
ALAT PERAGA
2.1 Alat Dan Bahan
Dalam
pembuatan papan NISTRIGO, alat-alat yang digunakan adalah sebagai berikut:
a.
Triplek
b.
2
lembar karton
c.
Busur
derajat
d.
4
lembar milimiterblock
e.
Tali
f.
Satu
buah Paku payung
g.
Penjepit
buku
h.
Double
tipe
i.
Lem
j.
Spidol
berwarna kecil
2.2
Cara Pembuatan
Dalam
pembuatan alat peraga matematika yaitu papan NISTRIGO, langkah-langkah sebagai
berikut:
a.
Ambil
4 buah lembar kertas milimiterblock tempelkan pada kertas karton dengan
menggunakan lem dan dirapikan dengan gambar koordinat cartesius.
b.
Busur
derajar kita rekatkan diatas karton ditengah-tengah karton melihat titik sudut
berada tegak lurus di titik pusat 0.
c.
Tali
atau benang rekatkan tepat pada titik pusat 0 dengan menggunakan paku payung.
d.
Rekatkan
pada triplek yang sudah dibentuk sesuai ukuran karton.
Alat
peraga siap digunakan.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian
Alat Peraga Matematika
Alat
peraga matematika adalah alat-alat atau benda yag dikerjakan sedemikian rupa
dibentuk untuk memudahkan penerapan pembelajaran matematika.
3.2 Penerapan
Alat Peraga Dengan Materi
a.
Siapkan
sebuah tabel nilai sudut-sudut istimewa dalam perbandingan trigometri.
b.
Tarik
sudut istimewa yang ingin kita cari dan akan kita buktikan.
c.
Tandai
sebuah titik yang terletak pada benang tadi dengan penjepit buku.
d.
Hitung
nilai satuan dari X dan Y.
e.
Andaikan
tali tersebut adalah r. (Teorema phythagoras r =
)
f.
Hitung
nilai sudut istimewa yang ingin dibuktikan dengan rumus perbandingan
3.3 Contoh
soal
a. Misalkan kita ambil sudut istimewa
b.Pilih salah satu titik pada tali
c. Misalkan kita ambil nilai x = -3 dan y =
-5
d.
Cari r;
r =
=
=
=
= 5, 830
Jadi, nilai r adalah 5,830
e. Sin
=
=
= -0,857 ≈ -
Cos
=
=
= -0,514 ≈ -
Tan
=
=
= 1,667 ≈
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Alat peraga mempunyai peranan penting di dalam
proses belajar mengajar. Peran untuk mengembangkan kreatifitas guru, dan juga
peran guru yang semakin baik dan jauh dari proses lama yaitu ceramah, dan ini
juga membuat siswa semakin aktif dan mengubah nalar dan menyukai matematika
yang bukan abstak tetapi nyata yang bisa dilihat secara kasat mata.
4.2 Saran
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru ataupun
siswa bahwa sebuah peranan penting dalam mengembangkan kreatifitas dalam dunia
matematika adalah dalam diri sendiri yang mencintai matematika sehingga muncul
kreatifitas dalam mengembangkannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan
para pencinta matematika). Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar