Selasa, 27 Oktober 2015

Makalah alat peraga materi Trigonometri



MAKALAH
(Alat Peraga Matematika Menentukan Nilai Sudut Fungsi Trigonometri)






Oleh
1.                  LEA SUSANTY                                           2013230977
2.                  PETRUS SUPRINTO SARENG                2013230904
3.                  EUFRASIA LITI                                          2013231727
4.                  NURSIDA NURDIN                                    2013231819

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS FLORES
ENDE
2014





KATA PENGANTAR

Matematika adalah pelajaran yang sukar dipahami. Hal ini merupakan suatu hal yang harus diberantas dari pemikiran siswa atau peserta didik, maka dari itu penting sekali peran guru dalam mengajar dan kreatifitas guru dapat membuat siswa cinta akan matematika dan tidak merasa bahwa matematika itu abstrak, sebenarnya matematika selalu kita terapkan dalam kehidupan kita.
Kami dengan senang hati mengerjakan tugas ini, karena ini juga merupakan suatu langkah yang baik untuk membangun calon guru agar mampu menerapkan atau mengaplikasikanya ketika kita menjadi seorang guru.
Materi yang kami diskusikan adalah tentang Trigonometri. Banyak siswa tidak mengetahui dan tidak berminat dengan pelajaran matematika terkhususnya trigonomteri dalam menentukan nilai sudut. Banyak yang hanya mengahafal nilai sudut trigonometri tanpa mengerti bagaimana caranya untuk mengetahui dari mana hasilnya. Maka dengan senang hati kami membuat alat peraga untuk memudahkan siswa dalam menentukan nilai trigonometri.
Kami ucapkan terima kasih yang paling utama adalah Tuhan yang maha kuasa, maha baik, karena atas berkat, karunianya dan perlindungannya, kami dapat menyelesaikan makalah tersebut dengan baik dan tepat waktu. Ucapan terima kasih juga kepada sumber-sumber buku yang menjadikan kami lebih mendalami materi ini dan mengaplikasikanya dalam bentuk alat peraga yang kami beri nama dengan Papan NISTRIGO.
Makalah ini jauh dari sempurna, maka kami membutuhkan masukan dan juga kritikan agar makalah ini lebih baik dan jauh lebih sempurna.Dengan melihat segalanya, maka kami memberikan judul makalah tersebut adalah LAB BENGKEL (Alat Peraga Matematika Menentukan Nilai Sudut Fungsi Trigonometri).


Ende, Oktober 2014


 Penyusun

DAFTAR ISI


COVER ..............................................................................................................................  i
KATA PENGANTAR .....................................................................................................  ii
DAFTAR ISI .....................................................................................................................  iii

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ..............................................................................................................  1
1.2  Rumusan Masalah .........................................................................................................  1
1.3  Tujuan ............................................................................................................................  1
BAB 2 ALAT PERAGA
2.1 Alat Dan Bahan .............................................................................................................  2
2.2 Cara Pembuatan ............................................................................................................  2
BAB 3 PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Alat Peraga Matematika ..............................................................................  3
3.2 Penerapan Alat Peraga Terkait Dengan Materi .............................................................  3
3.2 Contoh Soal ...................................................................................................................  3
BAB 4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan ....................................................................................................................  4
4.2 Saran .............................................................................................................................. 4
DAFTAR PUSTAKA

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada semua lini kehidupan. Dunia pendidikan merupakan tolak ukur dari kemajuan dan peningkatan sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan terus ditingkatkan dengan kreatifitas agar menghasilkan individu yang mampu bernalar dan berintelektual.
Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Matematika mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, namun sampai saat ini masih banyak siswa atau peserta didik yang merasa matematika sebagai pelajaran yang sulit, tidak menyenangkan, bahkan momok yang menakutkan. Hal ini dikarenakan pemikiran bahwa matematika itu tidak nyata atau abstrak.
Dalam makalah tersebut alat peraga yang digunakan adalah papan NISTRIGO. Hal ini melihat masih banyak siswa yang belum mengerti dengan trigonometri tentang menentukan sudut istimewa.
Oleh karena itu, dengan bergelut dan ingin menjadi seorang guru yang sukses dalam mengajar dan mendidik, maka tugas yang diberikan kepada kami dalam mata kuliah Lab Bengkel, sangat penting dalam perkembangan kreatifitas kami sebagai calon guru, sehingga menghasilkan suatu yang berguna bagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan sumber daya manusia kedepannya. Oleh karena itu, kami mengambil judul dalam makalah tersebut yaitu Alat Peraga Matematika Dalam Menentukan Nilai Sudut Trigonometri.
1.2        Rumusan Masalah
a.       Apa itu alat peraga matematika?
b.      Apa peran alat peraga matematika dalam penyampaian materi?
1.3     Tujuan
a.       Menjadikan calon guru agar lebih siap dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga.
b.      Mengubah pemikiran yang lama, bahwa matematika adalah ilmu yang abstrak.
c.       Membuat siswa dapat mengerti dan lebih mendalami materi.
d.      Mewujudkan situasi yang belajar mengajar yang efektif

BAB 2
ALAT PERAGA

2.1      Alat Dan Bahan
Dalam pembuatan papan NISTRIGO, alat-alat yang digunakan adalah sebagai berikut:
a.       Triplek
b.      2 lembar karton
c.       Busur derajat
d.      4 lembar milimiterblock
e.       Tali
f.       Satu buah Paku payung
g.      Penjepit buku
h.      Double tipe
i.        Lem
j.        Spidol berwarna kecil

2.2        Cara Pembuatan
Dalam pembuatan alat peraga matematika yaitu papan NISTRIGO, langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Ambil 4 buah lembar kertas milimiterblock tempelkan pada kertas karton dengan menggunakan lem dan dirapikan dengan gambar koordinat cartesius.
b.      Busur derajar kita rekatkan diatas karton ditengah-tengah karton melihat titik sudut  berada tegak lurus di titik pusat 0.
c.       Tali atau benang rekatkan tepat pada titik pusat 0 dengan menggunakan paku payung.  
d.      Rekatkan pada triplek yang sudah dibentuk sesuai ukuran karton.
Alat peraga siap digunakan.



BAB III
PEMBAHASAN

3.1     Pengertian Alat Peraga Matematika
Alat peraga matematika adalah alat-alat atau benda yag dikerjakan sedemikian rupa dibentuk untuk memudahkan penerapan pembelajaran matematika.
3.2     Penerapan Alat Peraga Dengan Materi
a.    Siapkan sebuah tabel nilai sudut-sudut istimewa dalam perbandingan trigometri.
b.   Tarik sudut istimewa yang ingin kita cari dan akan kita buktikan.
c.    Tandai sebuah titik yang terletak pada benang tadi dengan penjepit buku.
d.   Hitung nilai satuan dari X dan Y.
e.    Andaikan tali tersebut adalah r. (Teorema phythagoras r = )
f.    Hitung nilai sudut istimewa yang ingin dibuktikan dengan rumus perbandingan
3.3     Contoh soal
a. Misalkan kita ambil sudut istimewa
b.Pilih salah satu titik pada tali
c. Misalkan kita ambil nilai x = -3 dan y = -5
d.                         Cari r;  r =
         =
         =
         =
         = 5, 830
Jadi, nilai r adalah 5,830
e. Sin  =  =  = -0,857 ≈ -
Cos  =  =  = -0,514 ≈ -
Tan  =  =  = 1,667 ≈

BAB IV
PENUTUP


4.1   Kesimpulan
Alat peraga mempunyai peranan penting di dalam proses belajar mengajar. Peran untuk mengembangkan kreatifitas guru, dan juga peran guru yang semakin baik dan jauh dari proses lama yaitu ceramah, dan ini juga membuat siswa semakin aktif dan mengubah nalar dan menyukai matematika yang bukan abstak tetapi nyata yang bisa dilihat secara kasat mata.
4.2   Saran
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru ataupun siswa bahwa sebuah peranan penting dalam mengembangkan kreatifitas dalam dunia matematika adalah dalam diri sendiri yang mencintai matematika sehingga muncul kreatifitas dalam mengembangkannya.



DAFTAR PUSTAKA

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pencinta matematika). Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar